-->

Entri yang Diunggulkan

KURIKULUM MERDEKA- Mengapa Kurikulum Perlu Berubah?

Tak terasa di pertengahan tahun 2024, Kurukulum Merdeka akan menjadi Kurikulum Nasional loo. Pemahaman Kurikulum Merdeka tidak hanya berputa...

MENENTUKAN BESAR DISKON/POTONGAN HARGA

A. MEMAHAMI POTONGAN HARGA
Dalam transaksi jual beli terdapat istilah potongan harga. Potongan harga terdiri dari 2 macam yakni Rabat dan Diskon

Rabat merupakan potongan harga yang digunakan Produsen kepada Pengecer, Agen atau Pedagang.  Sedangkan Diskon adalah potongan harga yang digunakan  Pengecer, Agen atau Pedagang kepada Pembeli. 

B. MENENTUKAN BESAR DISKON 
Pada label suatu barang ataupun transaksi tawar menawar, Pedagang/Agen/Pengecer biasanya tidak menggunakan potongan harga/Diskon dalam bentuk rupiah. Biasanya mereka menggunakan % (satuan persen) untuk menetapkan  potongan harga/Diskon. Dan Kita sebagai Pembeli berusaha menerka berapa besar Diskon pada suatu barang yang ingin Kita Beli. Untuk menentukan besar Diskon dapat menggunakan rumus: 

Contoh 
Ibu Emi membeli sebuah Flashdisk di Toko "SEHATI" seharga Rp 180.000,00. Jika Toko tersebut memberikan Diskon sebesar 20% untuk setiap pembelian Flashdisk. Tentukan jumlah uang yang harus dikeluarkan Ibu Emi untuk membayar barang tersebut. 

Penyelesaian: 





















SOAL LATIHAN 

Ada empat Toko Olahraga yang menjual jenis bola basket dan bola sepak yang sama. daftar harga dan Diskon seperti pada tabel berikut. 

Salinlah Tabel dibawah ini dan isilah kolom-kolomnya dengan tepat serta benar. Kemudian, jika Desta akan membeli sebuah bola basket dan sebuah bola sepak di Toko yang sama. Tentukan di Toko manakah Desta akan berbelanja agar mendapat harga yang paling murah? 

Pembahasan: 

0 Response to "MENENTUKAN BESAR DISKON/POTONGAN HARGA"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel